Seni Sekolah Dasar Sebutkan 10 Alat Musik Daerah Kemudian Jelaskan Cara Memainkannya Dan Terbuat Dari Apa !

[ Tolong Bantuin Kak-!! ]

Makasih Yang Udah Mau Bantuin ☺​

Sebutkan 10 Alat Musik Daerah Kemudian Jelaskan Cara Memainkannya Dan Terbuat Dari Apa !

[ Tolong Bantuin Kak-!! ]

Makasih Yang Udah Mau Bantuin ☺​

Jawaban:

1. Sasando, Sasando adalah alat musik tradisional yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sasando merupakan alat musik berdawai yang dimainkannya dengan cara dipetik dengan menggunakan jari.

2. Tifa, Alat musik tifa berasal dari daerah Indonesia timur, tepatnya Papua dan Maluku. Cara memainkan alat musik tifa yakni dengan ditabuh atau dipukul, sampai berbunyi suara mirip kendang

3. Gamelan, Alat musik ini berasal dari kawasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditabuh menggunakan tangan.

4. Totobuang, Totobuang terbuat dari kuningan ataupun logam. Sekilas, totobuang mirip seperti alat musik gong dalam Gamelan Jawa, hanya saja ukurannya lebih kecil. Totobuang dimainkan dengan cara dipukul pada bagiannya yang menonjol ke luar. Alat musik tradisional ini sering dimainkan bersamaan dengan tifa.

5. Bangsi Alas, Bangsi Alas merupakan instrumen alat musik tradisional asal daerah Aceh yang dimainkan dengan cara ditiup dan terbuat dari bahan bambu tradisional.

6. Arbab, Arbab dimainkan dengan cara digesek di bagian senarnya. Alat musik ini dahulu dibuat dari tempurung kelapa untuk tabung dan kulit kucing hutan sebagai penutup tabung Arbab. Rotan dipakai sebagai pengikat antara tabung dan kulit.

7. Gambus, Gambus dimainkan dengan cara dipetik, biasanya diiringi dengan instrument musik lain seperti gendang sehingga dinamakan dengan orkes gambus. Alat musik gambus selain ditampilkan dalam orkes gambus, biasanya digunakan untuk mengeringi Tari Zapin khas Riau.

8. Kolintang, Kolintang adalah alat musik tradisional yang berasal dari Minahasa, Sumatera Utara. Alat musik ini terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara dipukul.

9. Serunai, Sumatera Barat memiliki banyak kesenian daerah yang belum diketahui oleh masyarakat luas. Salah satunya dalah alat musik tradisional Serunai yang berasal dari Minangkabau. Serunai dimainkan dengan cara ditiup.

10. Angklung, Melansir buku 'Saya Ingin Terampil dan Kreatif' terbitan Grafindo, alat musik angklung dimainkan dengan cara digoyangkan. Setiap ukuran besar-kecilnya bambu pada angklung menetapkan notasi bunyi yang dikeluarkan.

[answer.2.content]